Perangkat Penguat Sinyal Dalam Gedung

gedungPnguat Sinyal (Signal Boosters) - Hallo sobat Dzatmiko Blog, apa kabar? Seomoga anda selalu dalam lindunganNYA, Amin. Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi informasi tentang Perangkat Penguat Sinyal Dalam Gedung. Setiap bangunan (gedung) tinggi dan tertutup (ruang AC) pasti memiliki perangkat penguat sinyal didalamnya, itu dikarenakan frekuensi sinyal dari luar gedung tidak dapat tembus dan masuk kedalam gedung tersebut. Maka dari itu perlu untuk dipasang penguat sinyal didalamnya agar tidak mengganggu komunikasi saat menggunakan telpon selular.

Pengertian BTS (Base Transceiver Station)
BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Piranti komunikasi penerima sinyal BTS bisa telepon, telepon seluler, dan jaringan nirkabel sementara operator jaringannya adalah GSM dan CDMA.
BTS berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. Satu cakupan pancaran BTS dapat disebut Cell. Komunikasi seluler adalah komunikasi modern yang mendukung mobilitas yang tinggi. Dari beberapa BTS kemudian dikontrol oleh satu Base Station Controller (BSC) yang terhubungkan dengan koneksi microwave ataupun serat optik.

Komponen BTS (Base Transceiver Station)

1. Antena Microwave
antena

Antena Microwave adalah sebuah sistem pemancaran dan penerimaan gelombang mikro yang memiliki frekuensi sangat tinggi. Microwave digunakan untuk komunikasi antar BTS atau BTS-BSC. Antena Microwave yang digunakan merupakan sistem indoor, jadi tidak masalah jika terkena hujan karema alat ini dibuat kusus untuk area outdoor dan biasanya antena ini dipasang di rooftop.

2. Penangkal petir
penangkal

Penangkal petir digunakan untuk mengurangi resiko kerusakan pada perangkat- perangkat yang ada di area sekitar dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh petir.  Mungkin Penangkal Petir bisa diartikan sebagai rangkaian jalur yang difungsikan sebagai jalan bagi petir menuju ke permukaan bumi, tanpa merusak benda-benda yang dilewatinya.

3. Panel Induk


panel panel

Panel Induk ini berfungsi untuk membagi aliran listrik dari pusat (PLN) ke panel listrik yang dibutuhkan. Biasanya berisi MCB / saklar - saklar power pada tiap - tiap perangkat dan pengukur KWH.

4. Panel Operator
panel panel

Panel Operator ini berfungsi untuk mendistribusikan aliran listrik ke perangkat, Biasanya berisi MCB / saklar - saklar power pada tiap - tiap perangkat dan pengukur KWH.

5. RBS (Radio Base Station)
RBS RBS RBS

Berikut adalah beberapa fungsi dari RBS.

1. Radio Resources 
Fungsi utama dari RBS adalah untuk menyediakan koneksi dengan MS melalui antarmuka udara (air interface).
2. Signal Processing
Bertanggung jawab dalam pengolahan sinyal sebelum dan setelah penerimaan.
3. Signal Link Manajemen
Mengelola link pen-sinyalan antara BSC dan MS, menerapkan protokol sesuai dengan informasi yang dikirim.
4. Synchronization
Informasi waktu diekstrak PCM-link dari BSC dan dikirim ke modul waktu dalam RBS. Yang memungkinkan RBS untuk menyinkronkan dengan referensi frekuensi dan nomor frame TDMA yang benar.
5. Local Maintenance Handling
Mempermudah pengoprasian dan pemeliharaan fungsi secara lokal di lokasi RBS tanpa harus koneksi ke BSC. Dan teknisi lapangan dapat memelihara peralatan RBS dan Software langsung di area tersebut.
6. Functional Supervision and testing 
Mendukung Functional Supervision and testing RBS, baik menggunakan built-in tes selama operasi normal atau tes dijalankan oleh perintah.

6. Kabel Feeder
feeder

Berfungsi untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya. Misalnya dari Antena Microwave ke RBS, dan dari RBS ke Antena Indoor, dsb.

7. Antena Indoor
antena

Antena Indoor berfungsi untuk memancarkan frekuensi sinyal yang dihasilkan dari RBS ke area melalui air interface.
Jika sobat sering jalan - jalan ke Mall, coba perhatikan bagian plafon (langit-langit) Mall tersebut. Biasanya setiap mall pasti memasang Perangkat Penguat Sinyal, ini bertujuan agar pengunjung tidak kapok datang ke Mall tersebut hanya dikarenakan kesulitan mendapatkan sinya, dan demi kenyamanan pengunjung dalam hal komunikasi.

Mungkin itu saja informasi tentang Perangkat Penguat Sinyal Dalam Gedung yang bisa Dzatmiko Blog bagikan, kurang lebihnya mohon maaf dan jika ada kesalahan kata dalam penulisan mohon untuk dimaklumi. Salam...

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Perangkat Penguat Sinyal Dalam Gedung"

  1. Kalau dipasang dirumah mantaf kayanya tuh Mas..hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga penguat sinyal, pasti semakin kuat kalau sinyal yang bang Icah punyai ditambahin dengan penguat salah satunya yang diatas itu tuh...eh

      Delete
    2. Hhahaha..sapa tau Kang Lembu kalau ditaruh didalam rumah dia merajuk..hahahahaaaayyy

      Delete
  2. kebetulan gedung Carro di Pusjatan baru seminggu lalu dipasangin BTS dan penangkal petir, sayangnya saya mah cuma ngawasin doang tanpa sempat banyak bertanya sama para petugasnya

    ReplyDelete
  3. wah sepertinya Mas admin lagi ada proyek teknisi elektro ya,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sekarang malah berencana mau beli antena penguat wifi Mas,,,

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya.

Berkomentarlah dengan sopan dan tidak mencantumkan hal-hal yg berbau porno dan judi, serta mencantumkan link aktif pada kolom komentar. Terima Kasih