Pengertian dan Macam-Macam Virus Android Serta Cara Mengatasinya

Pengertian dan Macam-Macam Virus Android Serta Cara Mengatasinya - Virus adalah sebuah program yang di buat atau di desain khusus untuk menyerang celah keamanan sistem operasi pada handphone. Tujuan utama virus adalah untuk menghancurkan sistem operasi dan mencuri segala data- data yang ada di dalam handphone dan dapat menyebabkan kegagalan system. Jika virus sudah merajalela dan tidak dengan segera membersihkannya maka lama kelamaan virus tersebut akan berkembang biak lebih banyak ditandai dengan performa handphone yang tidak stabil dan sering lemot, kapasitas memory internal/ eksternal tiba tiba penuh padahal isi file hanya sedikit dan handphone sering hang dan lemot. Jika sudah seperti itu masih di biarkan saja maka bias terjadi kegagalan system, biasanya handphone tiba tiba mati dan jika dinyalakan hanya diam di logo dan tidak dapat masuk ke menu system, lebih parahnya lagi handphone bias mati total (matot).

macam-macam virus android


Berikut ini adalah Pengertian dan Macam-Macam Virus Android

1. Hipposms Virus
Malware atau virus Hipposms adalah virus yang beraksi dengan cara menyedot pulsa hp, cara kerjanya yaitu dengan cara mengambil alih SMS pada handphone sobat kemudian mengikuti layanan SMS berbayar. Pernahkah sobat merasa tidak pernah mengikuti layanan sms tertentu dan tiba-tiba menerima SMS berbayar? jika pernah, bisa jadi pelakunya adalah Hipposms ini. Sama seperti sms berbayar lainnya, Sobat akan selalu menerima SMS berbayar yang akan selalu memotong pulsa hp sobat. Meskipun Virus Hipposms ini sudah hilang dari handphone Android sobat, namun sobat masih sering menerima SMS berbayar tersebut, salah satu cara mengatasinya adalah dengan membersihkannya dengan antivirus atau mengganti nomor baru.

2. Trojan Obad
Virus Trojan Obad adalah virus yang bisa dibilang paling ganas diantara virus lainnya, Virus Trojan ini pertama kali diidentifikasi oleh Kaspersky, sebuah perusahaan penyedia keamanan digital asal Rusia. Virus ini menggunakan nama “Backdoor.AndroidOS.Obad.a” atau memiliki nama singkat "Obad". Seperti yang dilansirkan oleh republika.co.id, bila Sekali saja ponsel sobat terinfeksi oleh virus ini, maka kalian tidak bisa menghapus Obad dari perangkatmu dengan mudah begitu saja.

“Jenis Trojan yang satu ini memiliki fitur unik yang mengambil alih seluruh fungsi dari smartphone yang terinfeksi,” ucap Roman Unuchek, salah seorang ahli Kaspersky, seperti yang dilansir Mashable dikutip jeruknipis.com, Jumat (7/6).

Bila perangkat sobat telah terinfeksi virus tersebut, maka smartphone Android sobat akan mengirimkan SMS dalam jumlah banyak ke nomor-nomor premium, mengunduh malware lain, lalu meng-install-nya di dalam smartphone yang telah terinfeksi. Hebatnya lagi, virus ini akan memperbanyak diri dengan menginfeksi smartphone sekitar dengan menggunakan fasilitas Bluetooth.
Baca juga:
Virus Pencuri Data Pada Android dan Malware Terbaru Bisa 'HANCURKAN' Handphone Android Lewat Pesan SMS

3. Virus Android Lainnya
Andr/ BBridge- A, pada virus BBridge-A ini, handphone sobat akan diambil alih hak nya untuk menginstall aplikasi tambahan tanpa sepengetahuan dan ijin sobat sendiri.

Andr/ BatteryD- A, virus ini menyerang baterai sehingga baterai handphone sobat cepat habis. Dengan cara mengirimkan lalu lintas data dan mendownload aplikasi tanpa izin, dan spam iklan.

Andr/ Dresheep- A, kalo virus yang satu ini menyerang sistem aplikasi sosial media sobat, jika sobat pernah mengalami akun sosial media seperti facebook dan twitter sobat yang update status atau tweet sendiri bisa jadi karena virus ini atau sobat mengijinkan akses aplikasi yang tidak jelas pada akun sosial media sobat.

Tips Mencegah Virus di Android:

  1. Berhati hati dalam memilih aplikasi pada playstore, gunakan playstore milik Google karena semua aplikasi yang terdaftar pada playstore 100% bebas dari virus.
  2. Pastikan sobat memilih developer yang terpercaya, seperti Developer Google atau nama developer terpercaya lainnya.
  3. Matikan Bluetooth handphone Android sobat, dan berhati hati dalam menerima berkas dari sembarang handphone, pastikan handphone si penerima atau pengirim berkas aman dari virus
  4. Hapus aplikasi aplikasi yang tidak jelas pada Smartphone Android sobat. Jika sobat tidak merasa pernah menginstall aplikasi tersebut atau aplikasi tersebut asing menurut sobat dan tidak bermanfaat lebih baik untuk menghapusnya.
  5. Pasang Antivirus, agar handphone tetap terjaga dan terlindungi dari virus berbahaya. Saya sarankan untuk menggunakan Aplikasi Anti Virus yang berbayar dan update selalu antivirus tersebut.

Jika dirasa handphone sobat sudah terinfeksi virus dan virus tersebut sudah meraja lela dan mengakibatkan performa handphone berkurang dan sering hang, maka segera lakukan Hard Reset (kembali ke pengaturan pabrik), jika tidak dapat melakukan Hard Reset berarti virus sudah mulai merusak sistem, dan segera lakukan flashing ulang os (instal ulang os) android sobat.

Demikian lah Pengertian dan Macam-Macam Virus Android Serta Cara Mengatasinya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua agar lebih berhati hati dalam menggunakan smartphone android. Salam

Subscribe to receive free email updates:

40 Responses to "Pengertian dan Macam-Macam Virus Android Serta Cara Mengatasinya"

  1. Ternyata virus untuk android banyak macamnya ya kang ? untungnya ada tutorialnya untuk mengatasi virus di android di websitenya kang Dzatmiko yang keren ini. Maksih ya kang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kalo androidnya kena virus bisa mencoba tutorial dari Mas DZ ini, untuk saat ini saya belum membutuhkan karena blom punya android, mungkin suatu hari nanti pasti akan dibutuhkan tutorial ini

      Delete
    2. Iya sama2 kang indra, semoga bermanfaat..

      Kang TK BIM beli dong hp android, apa mau saya belikan? Hehe

      Delete
    3. perasaan udah komen dimacam virus dan cara mengatasinya, di hapus ya mang?
      pasti saya teh ngajakin judi kan?

      Delete
  2. ternyata virus itu ada namanya dan terbagi atas berbagai macam cara penghancuran nya -_-, nice info nya :)

    ReplyDelete
  3. nah kalo macam-macam virus di android jujur aja saya belum tahu sama sekali mas, ora nduwe android aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kudu diperhatikan itu :D

      Delete
  4. Wah hpku dulu mungkin juga kena virus hipposms kali...pulsa kesedot 9000/minggu. Dan nomernya kuganti dgn yg baru sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mudah2an skrg dan sterusnya terhindar dari virus tersebut lagi ya mas

      Delete
  5. lengkap, ada virusnya dan cara mengatasi

    ReplyDelete
  6. Wah virus juga seperti ilmu pengetahuan ya ada penjelasan segala rupanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bgitu lah mas, itu hanya penjelasan singkat saja

      Delete
  7. Yang sering dialami adalah virus Hipposms Virus. terkadang kesel juga karena pulsa sering habis padahal tidak pernah di gunakan..

    wah bahaya juga ternyata banyak virus yg selalu mengintai setiap saat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpah saya belum pernah ngalami nya mas :D

      hebat kan saya :D

      Delete
    2. Punya hp aja engga gmna mau ngalamin ya?

      Delete
  8. Sekarang banyak aplikasi yg berbahaya, kalau tidak hati-hati dan teliti bisa-bisa gadget kita jadi sasaran virus ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya mas jangan pake android deh saya juga mau ganti deh ah :)

      Delete
    2. Hadeh, kenapa jd pada takut ya?

      Delete
  9. iya tuh bener mas virus trojan bahaya banget ih, harus lebih berhati-hati bagi yang punya android tuh yah. saya sih pake 360 security mas tapi gatau sih kualitasnya apakah ngaruh atau tidaknya, mas admin pake apa anti virusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. virus trojan ane pernah ngebasmi sama kaspersky, wih ludes ke akarnya :D

      Delete
    2. Dulu saya sering instal banyak aplikasi mas dan sering file di dalam memory card habis di grogoti virus. Setelah tau penyebab hp mudah terserang virus Sekarang saya tidak pakai antivirus bahkan hp saya hanya terinstal aplikasi bbm dan ucbrowser saja

      Delete
  10. sekian berkembangan teknologi di berbagai pelosok, maka virus virus pun akan tersebar kenmana mana mengikuti perkembangannya, salah satunya virus komputer, benar toh mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh lupa, iya termasuk virus android nya juga:D

      Delete
  11. oh jadi kalau donload di playstore tidak mungkin ada virusnya gitu ya mas?
    eh mas kalau boleh tau ucbroser d androidkok bisa cepet ya, tapi spamnya banyak juga. itu bisa bikin hp kenapa-kenapa gx ya kiranya ? soalnya suka pke uc skarang" mah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pakai uc browser mas, setelah menggunakan ucbrowser saya biasakan menghapus riwayat jelajah, cache, dll. Insya Alloh aman mas

      Delete
    2. Pake UC browser mini mas yg lebih cepat..Wuussst saking cepatnya :)

      Oya...UC browser sekarang bisa menampilkan iklan GA loh...tapi ada syaratnya..mode cepat jangan di aktivkan tapi lemot :)

      Delete
    3. kalo saya sih pake uc browser yang biasa mas bukan yg mini, kalo menurut saya pake uc broser mini kurang nyaman kalo untuk bw mas

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Makasih mas sangat bagus artikelnya

    ReplyDelete
  14. sangat berguna mas untuk antisipasi perangkat kita

    ReplyDelete
  15. ngapa pada seneng android dah...
    lucu sih fisiknya s7,
    tapi kalo rentan virus gini jadi mikir ulang buat beli s7

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa harus mikir ulang? kan yang penting tau cara antisipasinya

      Delete
  16. blogwalking di malam hari, sekalian silaturahmi :)

    ReplyDelete
  17. virus ini adalah sesuatu tidak kasat mata namun akan berakibat buru jika menjakiti perangkat mas...waspada...waspada...dan waspada....

    ReplyDelete
  18. trojan memnag virus membahayakan mas...ini pernah terjadi pada android saya ..perangkat suka nyala wifi nya secara otomatis...selalu muncul web web asing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia bahayanya mas, android istri saya tadi siang juga seperti itu tiba2 paket datanya aktip sendiri yang mengakibatkan pulsa langsung habis kesedot, sudah di nonaktifkan tiba2 aktis sendiri lagi. akhirnya saya restart data pabrik lagi aja hp nya

      Delete
  19. Dapet ilmu baru...
    Thank's infonya Mas...

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya.

Berkomentarlah dengan sopan dan tidak mencantumkan hal-hal yg berbau porno dan judi, serta mencantumkan link aktif pada kolom komentar. Terima Kasih