AWAS!!! Bahaya Tidur Terlalu Malam dan Bangun Terlalu Siang

AWAS!!! Bahaya Tidur Terlalu Malam dan Bangun Terlalu Siang - Melakukan aktifitas dimalam hari memang sangat menyenangkan (menurut admin pribadi loh ya), karena suasana yang tenang dan cuaca yang sejuk dapat menambah konsentrasi dalam berfikir dan melakukan aktifitas pekerjaan (mohon untuk tidak meniru adegan berbahaya ini). Namun demikian, tahukah anda betapa bahaya dan resikonya bila kita sering tidur larut malam dan bangun disiang hari? Berikut ulasan tentang Bahaya Tidur Terlalu Malam dan Bangun Terlalu Siang yang Dzatmiko Blog dapatkan dari halaman facebook.

Saat ini sebagian dokter di National Taiwan melakukan riset kesehatan paling baru tentang kanker hati. Hasilnya sangat mengejutkan !! Orang yang memiliki pola tidur tak teratur sangat berisiko 98% terkena kanker hati !! Yakni tidur terlalu larut malam dan bangun sangat siang !!!

bahaya begadang
image by: http://sukasaya.com

JANGAN SERING !!! Tidur lewat jam 10 malam, karena pada jam 11 malam s/d awal hari jam 1 System Detox di bagian hati harus berjalan dalam kondisi kita tertidur pulas.

Berikut lebih jelasnya :
  • Malam hari pkl 21.00 - 23.00 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik.
  • Malam hari pkl 21.00 - 01.00 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • Dini hari pkl 01.00 - 03.00 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
  • Dini hari pkl 03.00 - 05.00 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
  • Pagi pkl 05.00 - 07.00 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.
  • Pagi pkl 07.00 - 09.00 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit, sebaiknya makan lebih pagi, yaitu sebelum pkl 06.30.


Penyebab utama kerusakan hati adalah :

  1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.
  2. Tidak buang air di pagi hari.
  3. Pola makan yang terlalu berlebihan.
  4. Tidak makan pagi.
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.
  6. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan.
  7. Minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan, hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkomsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.
  8. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3 - 5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan

Selain itu, menurut Dennis G West pengarang buku kesehatan Best Seller, mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan tubuh :
- Jawablah telephone menggunakan telinga samping kiri
- Janganlah minum Obat dengan Air Dingin
- Janganlah mengkonsumsi makanan berat sesudah jam 6 malam
- Minum semakin banyak Air Putih saat pagi hari, malam lebih sedikit
- Jam tidur yang Paling Baik jam 10 malam hingga jam 5 pagi
- Janganlah sangat cepat berbaring setelah minum obat
- Saat Battery HP tinggal seikit sekitar 10% janganlah angkat telpon lantaran Radiasi bertambah sampai 100 kali.
Sumber:
https://www.facebook.com/notes/fesbuk-banten-news/bahaya-tidur-terlalu-malam-dan-bangun-kesiangan-kanker-hati-/

Dari seluruh penjelasan diatas, organ-organ di dalam tubuh kita memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Maka dari itu rubah kebiasaan buruk tidur larut malam dan bangun di siang hari, karena dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh kita.

Nah itu lah beberapa informasi tentang Bahaya Tidur Terlalu Malam dan Bangun Terlalu Siang, semoga dapat bermanfaat dan menjadi pelajaran buat kita agar lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh kita. Salam

Subscribe to receive free email updates:

48 Responses to "AWAS!!! Bahaya Tidur Terlalu Malam dan Bangun Terlalu Siang"

  1. Waduh... padahal kerjaan saya gitu mas, tidur sampai larut malam, dan bangun pasti kesiangan. Maksih infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho kok sama....saya g ngintip lho ya...

      Delete
    2. tak dipungkiri jika kita ada kesamaan hoby blogger Tidur Terlalu Malam dan Bangun Terlalu Siang adalah suatu hal yang lumrah , namun berbeda dengan saya , saya termasuk pemerhati soal waktu karna kebetulan ada tugas yang menuntut dimana saya harus datang tepat jam 06:30 , blogging sampai jam 00:00 namun tetap 05:00 harus bangun.. kalau sudah biasa enak kok enteng di jalanin

      Delete
    3. Ini yg tak bisa dilakukan para blogger, sering lembur tiap malam. Tapi bagaimana kalau saat detox diimbangi dengan minum air putih yg banyak??adakah pengaruhnya?

      Delete
    4. ini realitas semua makhluk yang ada di muka bumi ini mereka semua berpacu dengan waktu , jadi gunakan waktu dengan sebaik baiknya.....boleh menyalurkan hoby blogging berkarya serta berpikir namun jangan lupa dzikir perhatikan waktu seteliti mungkin seperti yang ALLOH firmankan pada (QS. Al ‘Ashr: 1-3).

      وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

      Delete
    5. kemasjid dulu ya mas , mahgrib waktu makassar..nanti komenya di sambung lagi

      Delete
    6. Sedikit pengaruhnya mas....

      Delete
    7. waduh bahayanya luar biasa banget ya tidur terlalu larut dan bangun terlalu siang. untung saya mah paling telat tidur teh jam 9 malem bangun jam 4 mang...keren kan saya mah ya?

      Delete
    8. jelas mang, maka dari itu kudu cepat tidur sekarang, jangan banyak begadang :D

      Delete
    9. hebat mas trik komentnya di borong semua

      Delete
    10. kalo kudu begitu saya nggak bisa bw mang jd mau nggak mau harus begadang deh

      Delete
  2. Di jaman sepeda sekarang ini seperti agak sulit dilakukan semua tips di atas mas...Apalagi buruh seperti saya yang kerjanya di shift

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak beda jauh dengan saya mas, buruh serabutan buat blogging saja masih harus pintar curi waktu

      Delete
  3. bahaya juga nih tidur terlalu malam, emm bisa dikurangin atuh nih kang, ngeri banget :(

    ReplyDelete
  4. Wah... semoga kita semua bisa sehat selalu ya Mas... :)

    ReplyDelete
  5. Nah, bagi kita yang suka kerja malam dan begang di depan komputer sepertinya harus disiasati nih, semoga saja semuanya bisa berjalan lancar dan sehat.

    ReplyDelete
  6. waduuh kok ngeri saya tidur malem terus dan bangunnya selalu siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas yanto memang tegas sekali :)

      Delete
    2. Mas yanto emang begitu orangnya mas awan..jangan terlalu dekat, nanti mas awan juga kena seterap...haha

      Delete
    3. Bukan tegas tapi menyiksa mas, masa orang dilarang tidur sih

      Delete
  7. semoga dengan artikel ini saya jadi tersadarkan untuk tidak terlalu sering begadang ya mas, karena cukup mengerikan juga sih kalo pengaruhnya ke fungsi hati..
    apalagi sudah ada penelitiannya kan?

    ReplyDelete
  8. wah takut juga nih mas dengan akibat tidur malam,soalnya saya salah satu orang yg memiliki kebiasaan gituan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu mau tak kurangin dikit2 kebiasaan buruk ini mas

      Delete
    2. kebiasaan gituan yang seperti gimana dulu nih mas?

      Delete
  9. Pantesan saja orang yang mempunyai keluhan di paru-paru seringkali batuk antara pkul 3-5, itu emang sudah ketentuan yang ad ya mas.
    terimakasih infonya Mas, sangat bermanfaat nih, ilmu baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadduh, sampai tidak menyadari akan hal tersebut, saya sering sekali tidur lewat dari jam 11, dikurangi ah. takuttt..thks infonya.

      Delete
    2. Sama sama mas semoga bermanfaat

      Delete
  10. Waw ternyata ngeri juga saya kira tidak berbahaya, lalu apakah kegiatan ronda malam hari itu akan membahayakan kesehatan kita ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika dilakukang dengan jangka waktu yang lama kemungkinan sangat berbahaya mas..

      Delete
    2. Kalau seminggu sekali itu bahaya tidak mas ?

      Delete
  11. bahaya nih kalo gitu ngeblognya siang aja ha. :D

    ReplyDelete
  12. oia mas jadikah mas ke kalimantannya? saya baru buka komentranya ....

    ReplyDelete
  13. Waduh lihat gambarnya aja sudah serem ...

    ReplyDelete
  14. Pegawai rumah sakit aja piketnya ada shift malam. Malamnya begadang sampai pagi jagain pasien. Nanti klw semua orang nerapin artikel ini, lah yg jaga2 pasien klw malem siapa? nah loh apa pegawai RS g tau apa ya begadang malam itu g baik. 😀

    ReplyDelete
  15. Ini adalah informasi yang sangat berguna khususnya saya sebagai mahasiswa yang sering tidur larut karena tugas yang bnyak.
    Dan bangun pada pukul 5 pagi. Jadi bagaimana tanggapannya jika saya tidur pukul 11 dan bangun pukul 5 ? Mohon pencerahannya ya Gan

    ReplyDelete
  16. Saya kebiasaan tidur jam 12.30 am dan bangunnya jam 6.30 pagi atau jam 7 pagi. Tentu kebutuhan tidur saya tidak cukup. Apakah mungkin ada makanan atau sesuatu yg perlu saya konsumsi untuk menyeimbangi itu semua. Karena siang saya tidak punya waktu untuk tidur.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya.

Berkomentarlah dengan sopan dan tidak mencantumkan hal-hal yg berbau porno dan judi, serta mencantumkan link aktif pada kolom komentar. Terima Kasih