Virus Pencuri Data Pada Android

Virus Pencuri Data Pada Android - Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya virus? pasti sobat sudah tahu semua kan, dan mungkin ada beberapa yang belum mengetahui tentang bahaya yang timbul jika kita terserang virus. Disini Dzatmiko Blog akan ungkap virus berbahaya yang dapat mencuri data penting pada smartphone android sobat.

Belum lama saya dapat kabar dari teman via BBM Group bahwa salah satu anggota group tersebut ada BBM nya yang di hack (digunakan orang lain) dan mengirim pesan ke semua kontak BBM dengan kata dan maksud minta tolong kirimkan pulsa. Sempat nggak percaya sih, tapi nggak lama dia (hacker) mengirim pesan ke saya menanyakan "lg dmna bro?" disitu saya percaya kalo bbm teman saya benar kena hack orang lain, karna nggak biasanya dia ngirim pesan dengan kata seperti itu. Mumpung nggak ada kerjaan saya ladenin aja tuh orang dengan membalas "lg drumah, ada apa?" dia balas "Blh minta tolong?" dan sedikit bercanda saya balas lagi aja, Baca tulisan gambar dibawah.

virus blackberry

Hahahaha.. Untungnya saya sempat ambil schreenshot nya, karena setelah saya balas seperti diatas langsung di blockir sama hacker tersebut.

Karena rasa penasaran saya coba cari tahu awal mulanya kenapa bisa seperti itu, coba mendiskusikan dan menyimak obrolan yang berlangsung di bbm group, dan saya coba hubungi teman saya tersebut melalui sms.

Awal mulanya dia bilang maish normal bbm nya dan tiba tiba saat ingin mengirim bbm, akun bbm tersebut keluar dengan sendirinya dan tidak bisa masuk lagi ke akun bbm yang digunakan sebelumnya. Dan anehnya bbm tersebut aktif dan digunakan orang lain untuk hal yang negatif.

Saya juga dapat dari teman yang mengirim gambar Login Facebook tapi menggunakan akun Blackberry ID. Lihat gambar dibawah

virus blackberry

Kan aneh ya? Masa akun Facebook masuknya menggunakan Blackberry ID, mungkin buat orang yang awam tidak tahu kalo ini sebenarnya perbuatan dari virus yang sudah menyebar di akun sosial media dengan bentuk video P*rn* atau gambar yang tidak senonoh lainnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Virus Malware Atau Virus Facebook

Salah satu contoh HP yang sudah terinfeksi virus adalah, otomatis mengirim Broadcast ke semua kontak BBM tanpa kita ketahui. Sebagai contoh Broadcast yang dikirimkan teman saya ke bbm, pas saya coba tanya langsung dia bilang tidak mengirim pesan apa apa. Kan aneh ya? coba lihat gambar dibawah.

virus blackberry


RINGKASAN:
Kemungkinan jika kita meng-klik link situs video tidak senonoh tersebut akan mengalih kan ke akun facebook, kemudian menyuruh login menggunakan akun Blackberry ID (seperti pada gambbar ke-2), dan disitu lah akun Blackberry ID kita berikan kepada orang lain dan digunakannya.

Yang perlu diperhatikan, "Jangan sembarang meng-klik situs/link yang tidak jelas, dan jangan berikan email dan password akun BB ID sobat kepada siapa pun untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan".

Nah itu lah pengalaman dan pelajaran yang saya dapat agar supaya tidak ada lagi korban hacker, dan semoga Alloh mengampuni dosa dosa hacker tersebut dan segera diberi hidayah oleh Alloh SWT.
Kurang lebihnya mohon maaf dan jika ada kesalahan kata dalam penulisan yang disengaja atau tidak, untuk kiranya di maafkan. Saya akhiri artikel Virus Pencuri Data Pada Android, Wasalamu'alaikum Wr. Wb

Subscribe to receive free email updates:

74 Responses to "Virus Pencuri Data Pada Android"

  1. Wah dunia sudah semakin kejam saja, semua lini sekarang sudah dimasukin,

    ReplyDelete
  2. saya juga sering dapet yang gituan mas :D
    oh iya hp teman saya advan s5 itu suka instal aplikasi tanpa persetujuan kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi apa dulu nih mas? coba buka pengaturan (setelan) >> Keamanan >> Jangan di centang "Sumber Tidak Dikenal". jika hal tersebut masih terulang, jalan satu-satunya hard reset (kembali ke stelan pabrik) mas. Kemungkinan sebelum nya pernah instal aplikasi yang bukan dari google play yang di dalamnya terdapat auto instal sebuah aplikasi atau bisa juga itu sebuah virus mas. coba lakukan cara diatas terlebih dahulu saja mas

      Delete
    2. betul sekali itu mas, bahahaya jadinya kalo dicentang itu ya mas :)

      Delete
    3. Bahaya sih tidak mas, asalkan kita tidak sembarang instal aplikasi android yang bukan bersumber dari play store saya rasa aman saya. Dan sebaliknya mas jika kita sering instal aplikasi diluar aplikasi rekomendasi dari play store kemungkinan berbahaya.

      Aplikasi yang terdapat pada google play store di jamin 100% aman dari virus. (menurut dari beberapa sumber)

      Delete
    4. hp saya juga yg iphone 5s suka download applikasi sendiri dan bahasanya appnya china,di hapuspun balik lagi ,walau di hard reset pun aplikasi masih download sendiri .dan setelah dicek ada app yang mengambil alih jadi administrator ,jd hp nya harus di root dan hapus app yg tdk dikenal itu,jdi tidak mendownload sendiri lagi

      Delete
    5. jika administrator sudah diambil alih, itu tandanya handphone sudah di kuasai virus mas. jadi handphone mas samhan sudah ada yang bisa mengendalikannya lewat jarak jauh oleh seseorang yang menciptakan virus. hati hati virus tersebut bisa mencuri data penting yang ada di memory internal maupun external.

      lebih tepatnya handphone harus di flash ulang mas, di root malah rentan terserang virus.

      Delete
    6. belum pernah instal selain dari play store / google play

      Delete
    7. nah itu dia mas masalahnya sering instal aplikasi yang bukan dari play store jadi suka ada iklan gitu di tampilan awal, pas iklan ditutup eh langsung istal aja aneh kan, boleh tuh nanti dicobain caranya.tq ya mas..

      Delete
  3. para pencuri itu juga manusia yang butuh makan jadi biarkan saja atuh tebang ge' data...kasihkan jika perlu mah atuh kang.

    ReplyDelete
  4. sekarang banyak banget sapmer di facebook,, biasanya mereka pakai pemendek url, dan saya juga sering ngetset halman2 kayak gitu,,, mereka cuman cari username sama password,, kalau pake 2 langkah verfikasi kayak google,, kayaknya hal tersebut gak akan terjadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kang, seandainya akun blackberry dan akun lainnya di berikan 2 langkah veryfikasi seperti google. dijamin aman ya kang

      Delete
  5. mas admin pasti lagi sibuk bw yah, padahal kan saya teh mau ngopi bareng sama mas admin nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas, saya baru sempat cek email. hehehe
      wah boleh nih kita ngopi bareng, hayu lah mas kita ngopi

      Delete
    2. hayooo....kita ngopi bareng...!!!

      Delete
    3. hayuk mbah silahkan, monggo!!!

      Delete
    4. saya lagi ngupi, beneran sumpah :)

      Delete
    5. mana buktinya? bawa kesini kopinya mas, kita join bareng kopinya. hehe

      Delete
    6. eh benar saya lihat emang mas mukhlis lagi gopi di samping toko

      Delete
    7. ehm.. pasti mbak siti juga ikut ngopi sama mas mukhlis ya

      Delete
    8. gak kok kebetulan saya lihat aja

      Delete
    9. saya dong lagi ngopi sambil musik.keren ga??

      Delete
  6. kenapa sekarang di android ada virusnya yah, android saya jugaa. padahal baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di komputer aja ada virusnya juga mas, bahkan di dunia nyata juga ada virusnya lho

      Delete
  7. pernah juga dapat beginian... untungnya ada pesan dulu dari teman...
    kalau kemarin sih kasusnya hp kawan hilang di curi, nah yang nyuri itulah yang menggunakan akun tersebunt. sempat ada beberapa yang kena, habis mintanya cuma pulsa 10 sampai 20 ribu, jadi banyak yang percaya. lagian kan teman itu tempatnya jauh dikampung dan memang ditempat dia kalau mau beli pulsa harus turun ke kota kecamatan dulu yang jaraknya sekitar 20 menit naik motor, jadi banyak yang ketipu... kalau masalah virus sih belum pernah... semoga aja tidak akan nempel di hp saya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, mudah mudahan jangan sampai kena virus ya mas.

      Delete
    2. mana? mana mas? sini bagi dong

      Delete
    3. perlu di amankan SP-nya supaya terhindar dari virus yang doyan pulsa.

      Delete
    4. delete aja pertemanannya... kan bukan teman kita yang sesungguhnya juga... baru serang dia dengan nomor lainnya. heee

      Delete
    5. wah, kayak mau perang nih si mbah

      Delete
  8. ini slah satu cara yang sering kerap terjadi akhir ini mas, saya sempat terjadi gituh juga mas, apalagi bagian yang konten d*w*s* gtuh mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lah mas yang membuat anak muda tertarik dan penasaran untuk meng-klik link nya

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  9. yg lebih parah gi mas sampai2 ceogel crome nya sanggup ditutup sama virus tersebut,.?

    ReplyDelete
  10. saya malah hampir sering mas dapat pesan yg gituan

    ReplyDelete
  11. ternyata bahaya juga ya...sesial media sekarang sampai data diandroid bisa di maling .. mulai sekarang harus tingkatkan keamanan di semua account khusus account blogger mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. akun google saya sudah sejak pertama pembuatan menggunakan veryfikasi 2 langkah mas, melalui password dan kode yang dikirim ke hp via sms.

      Delete
    2. Wah bagus itu mas...saya malah g pake verifikasi 2 langkah....pinter kowe nang jatmiko

      Delete
  12. memang modus pencurian data android ini sangat membuat bingung bagi mereka yg baru mengenal ssocial media mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya bahas diatas hanya maling email dan password saja mas, ada lagi virus yang sangat berbahaya yang dapat mencuri foto, video dan file penting pribadi lainnya tanpa sepengetahuan kita mas.

      Delete
  13. sebenarnya tidak hanya di android saja ya mas, di perangkat komputer pun sering

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang kalo kita kurang hati hati bisa berbahaya juga data penting pada komputer

      Delete
  14. Wah temannya kena jebakan betmen ya. Tampilannya hampir sama banget sama facebook. Sebelum login harus benar benar liat tautannya dulu, supaya ngga kejebak. BBM saya juga ngga aktif, karena di tangguhkan, padahal ngga pernah mengubah password, apa jangan-jangan saya kena jebakan ini ya...

    ReplyDelete
  15. bahaya juga nih virus nya... Msti hati ya Mas....

    ReplyDelete
  16. berarti yang sudah terkena virus tersebut ada kemungkinan nih mas pernah mengkilck info BC tersebut mas.

    ReplyDelete
  17. kao saya pernah dikirim itu di FB mas. banyak yang gambar kaya begitu yang g snonoh

    ReplyDelete
  18. nice share bro. sebenernya kita harus lebih peka juga, kalau login fb pake blackberry id at least seharusnya kita udah ada rasa curiga :)

    ReplyDelete
  19. boleh juga nih dicoba. buat pengalaman biar kalau mengalami hal seperti ini bisa mengatasinya..

    ReplyDelete
  20. wah, kerap seing dijumpai aplikasi macem ini kang :) lagi ngetren ternyata visus atuh

    ReplyDelete
  21. Kalau yg login ke FB pake bb id kayanya ini ni yang bikin heboh temen kemaren katanya bb nya dihack, mungkin dia pernah login ke fb kaya tampilan diatas :)

    ReplyDelete
  22. Terimakasih Banyaj Mas zatmiko. Saya Terkesan dengan Pengetahuan yang Mas Zatmiko Sampaikan. Semua Itu betul mas. Hp saya juga pernah mengalami hal tersebut Ketika saya Download mp3 Kenny g Musik jazz instrument. Ternyata melalui pihak aplikasi yang tidak dari Playstore. Dan ktika saya menggunakan Hp. Aplikasi itu terisntall terus menerus. Tanpa izin. Nama aplikasi nya 9apps

    ReplyDelete
  23. ditunggu war cyber malwer udah siap. biar android gk berjaya lagi ... newbee yg pnting msh bisa berkarya :3
    not anonymous killing android + IOS

    ReplyDelete
  24. itukan hanya phising, wajar aja mau ngirim apa juga toh email sama sandinya udah di tangan si hacker

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya.

Berkomentarlah dengan sopan dan tidak mencantumkan hal-hal yg berbau porno dan judi, serta mencantumkan link aktif pada kolom komentar. Terima Kasih