Baterai Cepat Kembung? Inilah Tips dan Solusi Mengatasinya


batre kembung
Batre Cepat Kembung? Inilah Solusi Mengatasinya - Pernahkah sobat mengalami masalah pada Battre handphone seperti battre kembung, batre kalo di carge ga penuh-penuh, kalaupun penuh baru digunakan sebentar tiba-tiba handphone makjlebe langsung mati, itu sih pertanda bahwa batrre telah bocor dan minta di pensiunkan. hehehehe...
Coba deh di cek dulu battrenya diatas meja kaca, kemudian di putar apakah batre bisa berputar dengan mulus atau tidak. Karna kaca adalah bidang yang datar dan rata jadi mudah untuk mengecek kerataan pada batre dan apakah batre sudah kembung atau belum.

Lalu apa yang membuat battre itu bisa kembung?? Apakah karna kebanyakan di kasih minum air putih atau kopi??hehehehe

Jadi begini ceritanya, sedikit cerita tentang batre. Di jaman yang moderen ini rata-rata dari isi batre adalah lithium (semoga tulisanya betul). Keunggulan lithium itu sendiri adalah mampu menyimpan daya lebih besar, berbobot ringan, lebih awet (jika penggunaannya benar), dan lebih fleksibel dalam proses charging.
Walaupun batre type seperti diatas memiliki keunggulan bukan berarti tidak memiliki kelemahan juga lho ya. Kelemahan dari Lithium itu adalah sangat rentannya terhadap panas, dan panas yang berlebihan itu lah yang membuat si battre membuncit.

Pada kesempatan ini Dzatmiko Blog juga ingin berbagi Cara Mengatasi agar batre handphone tidak mudah kembung, dan agar supaya battre tepat awet muda. Dan ini ada beberapa tips yang harus dihindari dan di perhatikan agar battre bisa tetap terjaga kualitasnya.

Ini diah tips yang harus di hindari:

  1. Men-Charge Berlebihan (OVERCHARGE) Maksudnya adalah pada saat nge-carge batere udah penuh tapi didiamkan saja. Apalagi hingga berjam-jam lamanya. kalo cuma sekali-dua kali karna kelupaan sih nggak masalah ya. Tapi kalau keseringan pastinya akan membuat batre cepat kembung. Apalagi jika sering ganti-ganti charger. Ingat tiap charger itu beda-beda lho daya isi ulangnya. Beda tipe HP beda pula charger-nya. Dan coba perhatikan saat membeli hp baru, hal yang merusak garansi adalah men-charge dengan selain charger bawaan pabriknya (Original) kalo ga percaya baca deh buku panduan pada hp tersebut.
  2. Menggunakan Handphone pada saat di charge Misalnya sambil nge-charge sambil main COC, sambil Chating, sambil Facebook-an atau yang paling menyiksa batere adalah sambil Teleponan. Wah pasti bakalan panas dan tersiksa sekali baterenya itu. Dzatmiko Sarankan untuk tidak menggunaka hp untuk menelpon pada saat hp sedang di charge ya?? karna sangat beresiko sekali jika keseringan melakukannya. Baca juga: Cara Mengatasi Handphone Sering Panas dan Battre Cepat Habis
  3. Keseringan memaksakan batre hingga benar-benar kosong. Contohnya: Pada saat kapasitas daya batre sudah menujukan 1%, hp otomatis akan mati dengan sendirinya, mungkin karna ada keperluan yang sangat penting jadi si pengguna ini memaksakan untuk mengaktifkan kembali hp nya. nah itu lah yang membuat batre benar-benar kosong, dan jika hal ini sering dilakukan maka akan ada kemungkinan batre cepat kembung, selain cepat kembung batre juga akan rusak walaupun batre tidak kembung. Saran saya agar tetap mematikan handphone jika handphone tersebut sudah lowbatt atau segeralah untuk men-charge hp tersebut.

"Lalu apakah ada cara agar batre bisa kembali normal seperti sedia kala??"

Pengalaman saya yang saya dapatkan dari searching di mbah google sangat banyak yang menyarankan untuk menyimpannya (battre) kedalah lemari es atau sering di sebut kulkas pada bagian plieser agar battre kembali normal dan tidak kembung lagi (katanya). Admin Dzatmiko Blog pun pernah mencobanya, pada saat itu hp yang di gunakan merek nokia, batrrenya saya lupa type berapa, batrre kembung dan cepat habis dayanya (bocor) kemudian saya masukan kedalam pliser kurang lebih seharian. Setelah seharian di penjara dalam lemari es kemudian saya lihat bentuk battrenya tetap saja masih kembung tapi untuk dayanya memang bisa bertahan lama, tapi itu hanya untuk beberapa hari saja dan selanjutnya battre bocor lagi (cepat habis dayanya). Jadi kalo menurut saya sih jika battre sudah kembung dan bocor lebih baik di LEM KUNING aja ya alias Lempar Tuku Maning. hehehehe..

Demikianlah informasi yang dapat Dzatmiko Blog sampaikan tentang Batre Cepat Kembung? Inilah Tips dan Solusi Mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "Baterai Cepat Kembung? Inilah Tips dan Solusi Mengatasinya"

  1. ada kosa kata baru ternyata
    DILEM KUNING

    kalau saya taunya DILEM BIRU MAS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil hadiahnya di toko terdekat

      Delete
    2. mas budi masih suka nglem ? :D

      Delete
    3. dulu saya suka binguung waktu ada teman bilang LEMBIRU ternyata lempar beli baru

      eh ini ada LEMKUNING lempar tuku maning
      tambah bingung dah gak ngerti bahasanya artinya apa ,hehehee

      Delete
  2. intinya kalau batrei udah terlanjur kembung jalan keluarnya kudu beli baru yamas.
    yg bisa kita lakukan adalah menggunakan hp dengan bijak agar kasus batrei kembung bisa diminimalkan.
    betul?

    ReplyDelete
  3. lalu bila mau beli batrei lagi,lebih baik pakai yg memiliki kekuatan daya simpan kecil apa besar yamas?
    soalnya kan ada yg 1500 mAh,2000 dan 3000 mAh gituh

    kalau bisa lain waktu dibahas lebih detail ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk battre sih sesuai kebutuhan mas, kalo penggunaannya hanya untuk nelpon dan sms biasa, pake battre yang kapasitas rendah juga ga masalah.
      kalo yang sering browsing mungkin memerlukan battre yang kapasitas penyimpanannya lebih besar mas.

      Delete
    2. kalo pengen kapasitas kecil, mas yanto beli baterai ABC aja, yang besar pake aki mobil. hahaha

      Delete
  4. kalau menggunakan batrei secara benar itu idealnya bisa digunakan belapa lama sebelum ganti baru yamas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalo kita menghindari 3 point seperti yang sudah di jelaskan diatas, Insya Alloh battre akan awet muda mas.

      Saya saja menggunakan Android sejak tahun 2011 dan sampe sekarang belum ganti hp battre masih tetap mulus dan awet.
      Tergantung si pemakainya mungkin kalo menurut saya pribadi.

      Delete
    2. kalau mas yan itu gak bakal bisa awet mas soalnya cepet tua. hahaa

      Delete
  5. poin 1, bukankah sudah stop otomatis jika baterai sudah penuh.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seperti itu sebenarnya mas, pada battre sudah terpasang indikator otomatis. jadi jika batre sudah penuh, otomatis pengisian di hentikan. tapi itu tidak bertahan lama mas, jika terus dan terus di beri pengisian maka lama kelamaan indikator pada batre akan jebol juga mas.

      Contohnya tanggul air saja yang mampu menampung air segitu banyak pasti lama kelamaan akan jebol juga jika tidak ada pintu pembuangan air untuk mengurangi kapasitas airnya.

      Delete
  6. Baru tahu saya mas ternyata yang merusak garansi adalah men-charge dengan selain charger bawaan haha ketahuan deh jrang dibaca bku pnduannya :D
    ya tuh jaman btre bl5c sya jga suka msukin nmun cma brthan bbrpa hari hari brikutnya mlah gx bsa d pke klo sya mas :D

    ReplyDelete
  7. kalau kembung biasanya saya kebanyakan minum kopi mas tapi kalo batre kebanyakan dicharge kali ya. batre yang kembung bisa bikin perut ikutan kembung juga, kalau udah kaya gini emang enaknya dilem kuning aja seperti kata mas admin itu tu.. hehee

    ReplyDelete
  8. kalo ngotak-ngatik hp sampe batre kosong sih engga, kebiasaan saya pakai hp saat dicharger mas, mungkin nanti saya akan lebih teliti merawat hp apalagi batre hp saya tanam mas, hadeuh kayanya kalo sampe rusak bisa pusing pala barbie nih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu pusing mas, masih banyak ko konter service terdekat di daerah rumah mas hendri.. hehehe

      Delete
    2. katanya sih kalo batre tanam agak susah mas, makanya saya rada takut juga nih..

      Delete
    3. Battre tanam itu seperti apa ya mas? baru dengar saya? apa yang seperti tab itu ya, yang battrenya di solder ke pcb.

      Delete
    4. yang seperti ubi itulo mas, cocok ditanam pas musim hujan kaya gini. hahaa

      Delete
    5. saya juga bingung jelasinnya mas, kaya bb q5, zenfone 5,2, 6 gitu mas..

      Delete
  9. saya kadang suka lupa lagi ngechas hape jadinya ovecharge deh, duh bener banget postingan mas dzatmiko ini, kita harus jaga batre hp biar tidak kembung

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya.

Berkomentarlah dengan sopan dan tidak mencantumkan hal-hal yg berbau porno dan judi, serta mencantumkan link aktif pada kolom komentar. Terima Kasih